Discharge Sablon Cabut Warna


Teknik discharge memberikan hasil yang eksklusif. Berikut ini cara, bahan, spesifikasi, contoh hasil dan segala tutorial tentang sablon cabut warna.

Penjelasan paling sederhana dari metode ini adalah produk berbasis air / tinta waterbase yang diformulasikan untuk menonaktifkan pewarna (menghilangkan pigmen warna) yang digunakan pada proses pencelupan kain di pabrik tekstil dan menjadikannya warna alami dari benang yang mereka pakai.



Contoh Hasil ClearDischarge
Jika diringkas oleh toca do escritor, tinta ini dapat menghapus warna pada kain asli menjadi warna benang sebenarnya. Dengan menggunakan tinta khusus yang dikenal sebagai discharge ink.

Anda mungkin telah melihat banyak kaos dengan hasil cetak yang sangat lembut yang terlihat seperti warna kapas alami (benang sebenarnya) - ini adalah hasil dari metode cabut warna. Sablon Discharge dapat digunakan untuk mencetak warna pada pakaian gelap untuk mencapai opacity (tingkat transparansi) yang tepat dengan mudah yang mana di masa lalu sangat bergantung pada lapisan tambahan berupa blok tinta putih untuk mendapatkan hasil warna merah menyala dengan kualitas terbaik.

Pada dasarnya,  tinta ini adalah clear ink (tinta transparan) yang ditambahkan aktivator (senyawa penghilang pigmen). Activatornya adalah Zinc Formaldehyde Sulfoxylate, dan ini adalah campuran yang dapat mengangkat pewarna di kain. Mencetak dengan tinta ini seperti menggunakan bleach (pemutih) sehingga mendapatkan hasil warna alami yang mungkin berwarna sedikit off white.

Tinta Discharge bekerja dengan baik pada kain yang dicelup dengan pewarna reaktif, meskipun beberapa pewarna yang lebih tahan daripada yang lain, sering warna-warna berada di green kelly, purple dan royal blue. Ketika habis pigmen dalam kain dan tidak ada lagi yang  tertahan akan menghasilkan cetak sablon lebih kalem yang biasanya warna lebih terang dari warna kain dasar.

Hasil Sablon Kaos Discharge
Dan tidak semua kain dapat dicetak dengan teknik ini, anda memerlukan test pada beberapa merek untuk mendapatkan hasil maksimal.

Ketika kita akan mencetak dengan tinta ini dan menginginkan warna yang bukan clear discharge kita memerlukan water base pigment ink (tinta pigmen berbasis air) untuk mewarnai setiap benang pada kain sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Penyampuran ini juga dapat menghasilkan register yang akurat dengan hasil warna yang cerah pada kain berwarna gelap tanpa menggunakan dasar blok putih lagi.

Untuk hasil cetak yang sangat lembut dengan warna yang menyala, pigmented discharge adalah solusinya.

Kebanyakan printer menggunakan tinta dengan campuran zinc - formaldehyde - sulfoxylate (ZFS) adapula yang mengandalkan Thiourea Dioxide (TD). Mereka berdua bisa ditambahkan pigmen untuk menghasilkan warna. Tapi kalian tidak bisa mencampurkan ZFS dan TD pada proses yang sama.

Berikut ini video tutorial cara sablon discharge yang paling mudah dipahami.

Harga order kaos dengan teknik cetak cabut warna ditentukan oleh banyaknya pesanan serta dimana anda memesannya. Range harga yang kami dapatkan sekitar Rp. 60.000,- s/d Rp. 75.000 untuk setiap kaos yang dicetak satu warna.

Dan untuk teknik ini sangat jarang vendor yang menerima ongkos cetak saja. Biasanya harus full order karena tidak semua bahan kain dapat disablon dengan teknik ini.

Referensi:
http://forwardprinting.com/what-is-discharge-printing

1 comment:

  1. Zinc Formaldehyde Sulfoxylate ini bisa di dapat dimana yah?

    ReplyDelete